Muhammad Khairul Rizal, M.Pd mewakili Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Gelar Audiensi bersama Dekan, Wakil Dekan serta Dosen Pimpinan di Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda pada Senin, 5 Februari 2024 di Ruang Dekan Lt. 2, Fakultas Syariah UINSI Samarinda.

Dalam upaya terus meningkatkan kualitas pendidikan, LPM sedang berkomitmen untuk melakukan upgrading RPS (Rencana Pembelajaran Semester) dengan pendekatan OBE (Outcome-Based Education) di Fakultas Syariah. Melalui langkah ini, memastikan bahwa setiap aspek pembelajaran direncanakan dengan cermat, dengan fokus pada pencapaian hasil yang terukur dan sesuai dengan standar kompetensi yang ditetapkan.

Proses upgrading ini merupakan langkah proaktif dalam memastikan bahwa mahasiswa tidak hanya memperoleh pengetahuan, tetapi juga mampu mengaplikasikan dan menunjukkan keterampilan yang relevan sesuai dengan tuntutan dunia kerja dan kebutuhan masyarakat. Dengan memperbaharui RPS dengan pendekatan OBE, Fakultas Syariah berusaha memastikan bahwa setiap pengalaman belajar mahasiswa diintegrasikan dengan baik, memberikan landasan yang kokoh untuk pengembangan pribadi dan profesional mereka di masa depan.

Diharapkan Fakultas Syariah proaktif mampu dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan mengevaluasi, memperbarui, dan meningkatkan RPS (Rencana Pembelajaran Semester) melalui kolaborasi tim pengajar dan kurikulum. Pendekatan utama yang digunakan adalah Outcome-Based Education (OBE), memastikan setiap mata kuliah memiliki tujuan terukur. Fokus pada standar kualitas dan relevansi terkini di bidang studi Syariah, upaya ini menciptakan lingkungan pembelajaran dinamis dan responsif. Pembaruan RPS mencerminkan komitmen fakultas dalam mempersiapkan mahasiswa sebagai pemimpin berkualitas dan berdaya saing.

Leave a Comment